Baitulmaal Munzalan Indonesia Resmi Luncurkan Logo Terbaru

Bagikan :

Pontianak – Dalam perjalanan enam tahun yang penuh makna, Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) hadirsebagai lembaga amil zakat yang bertugas untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat kepada yangberhak menerimanya. Saat ini, dengan besarnya visi dan misi, serta amanah publik yang semakin besar,BMI melakukan rebranding logo yang diluncurkan pada Selasa (03/9/2024).

Logo baru ini dibuat untuk merefleksikan makna mendalam dari hubungan tak terpisahkan antaraBaitullah (Masjid) dan Baitulmaal. Hal ini berdasarkan ayat-ayat al-quran yang sering menyandingkankedua hal tersebut. Salah satu ayatnya adalah Qs. Al-Baqarah ayat 43 yang memiliki arti sebagai berikut :“Tegakkanlah salat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk”. Juga sebagaikomitmen lembaga untuk memadukan fungsi sosial dan spiritual dalam upaya penyaluran zakat.

Logo baru BMI menampilkan desain yang menyatukan simbol masjid dengan elemen font Baitulmaaldalam satu kesatuan. Desain ini menggabungkan bentuk kubah Masjid Kapal Munzalan Indonesia yangikonik dengan bentuk ujung lancip, melambangkan sinergi antara peran Masjid sebagai pusat ibadah, danBaitulmaal sebagai lembaga pengelola zakat. Dengan logo baru ini juga menguatkan pesan bahwa BMIberkomitmen untuk sinergi antara Baitullah (Masjid) dan Baitulmaal.”Jadi dengan perubahan logo Baitulmaal Munzalan Indonesia ini adalah sebuah value yang ingin kitaangkat yaitu BMI menjadi salah satu pilar dari Masjid Kapal Munzalan Indonesia. Logo Baitulmaal itumenjadi satu kesatuan dengan logo Masjid, karena di dalam al-quran memang tidak bisa dipisahkan antaraBaitulmaal dan zakat.

Baitulmaal sebagai lembaga yang mengurusi zakat, infaq, sedekah, sedangkanMasjid itu penegakkan sholat, jadi tidak boleh dipisahkan. itulah yang nantinya akan menjadi pilar-pilarkemakmuran masjid. Untuk itu kami berharap supaya dengan filosofi adanya satu kesatuan antara Masjiddan Baitulmaal inilah yang menjadi kekokohan dalam penegakkan syariat islam, khususnya shalat dan jugazakat,” ujar Sasongkojati, Direktur Utama BMI.

Peluncuran logo baru ini disambut antusias oleh para Orang Tua Asuh (OTA), dan masyarakat. Banyakyang mengapresiasi desain yang dianggap mampu menghubungkan aspek Baitullah (Masjid) dan Baitulmaal. Kak Ayu, seorang OTA, mengatakan, “Semoga Allah bukakan jalan terbaik untuk Amilmenemukan penerima manfaat untuk Muzakki atau orang baik menemui Amil terpercaya seperti BMI”.

Berikut adalah komentar dari netizen di salah satu postingan @bmiofficial.id mengenai perubahan logo BMI ini.

BMI juga merencanakan serangkaian edukasi untuk memperkenalkan logo baru ini ke masyarakat luas.Diantaranya dengan melakukan pembaruan alat administrasi, bahan promosi, dan media sosial. BMI akanterus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan memastikan bahwa setiap zakat yangdisalurkan memiliki dampak yang maksimal. Dengan peluncuran logo baru ini, BMI berharap dapatmemperkuat identitas sebagai lembaga yang terintegrasi dengan masjid dan terus berkontribusi padakesejahteraan ummat.

Penulis: Ema Yanti

Berita Populer