Program Prasmanan Munzalan (PRAZA) : Mewujudkan dan Menguatkan Kebersamaan Melalui Kebaikan

Bagikan :

Program Prasmanan Munzalan (PRAZA) adalah sebuah inisiatif yang bertujuan menyediakan makan siang gratis bagi jamaah yang telah melaksanakan Sholat Jumat. Program ini bertujuan untuk memberikan manfaat langsung kepada jamaah dan mempererat kebersamaan.

Program ini diorganisir oleh Santri Penerima Amanah (SPA) dari Masjid Kapal Munzalan Indonesia (MKMI), dan pada kali ini terdiri dari Santri Penerima Amanah (SPA) Badan Pengelola Kemakmuran Masjid (BPKM) dan Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI). Peran aktif para santri sangat penting dalam keberhasilan program ini, didukung oleh seluruh komponen masjid dan para orang baik yang telah menginfakkan hartanya untuk program-program kebaikan yang ada di Masjid Kapal Munzalan Indonesia (MKMI).

PRAZA dilaksanakan setiap hari Jumat, dengan edisi kali ini berlangsung pada tanggal 5 Juli 2024. Penyajian prasmanan dimulai sebelum sholat Jumat dan mulai dibuka untuk jamaah setelah selesai mengerjakan sholat Jumat, sehingga memberikan kesempatan bagi jamaah untuk langsung menikmati hidangan yang telah disiapkan.

Kegiatan ini berlangsung di halaman Masjid Kapal Munzalan Indonesia (MKMI). Lokasi ini dipilih karena memiliki ruang yang cukup luas untuk menampung banyak jamaah dan memungkinkan penyajian makanan dalam format prasmanan dengan tertib.

Program ini bertujuan untuk memberikan makan siang kepada jamaah setelah sholat Jumat, menjalin kebersamaan, dan memperkuat ikatan sosial dalam komunitas masjid. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memberikan manfaat langsung berupa makanan bergizi kepada para jamaah.

Pada pagi harinya sebelum prasmanan siap disajikan, Santri Penerima Amanah (SPA) dari Baitulmaal Munzalan Indonesia (BMI) mulai menyiapkan makanan. Mereka memasak nasi, menyiangi sayuran, membersihkan daging ayam hingga memasaknya, serta menggoreng ikan asin sebagai pelengkap dan untuk penambah selera makan. Proses memasak dilakukan dengan penuh semangat dan kebersamaan, menciptakan atmosfer kerja yang harmonis dan penuh keceriaan.

Setelah semua makanan selesai dimasak, para santri menyiapkan meja-meja prasmanan serta tempat sajian dan menyusun hidangan di atasnya. Makanan disajikan dengan rapi dan menarik, memastikan setiap jamaah dapat mengambil dan menikmati makanan dengan nyaman. Untuk minuman, dukungan datang dari Program HIQMAT (Himpunan Infaq Air Minum Jumat), yang menyediakan air minum segar bagi para jamaah.

Setelah Sholat Jumat, para jamaah mulai antri dengan rapi untuk mengambil makanan di meja prasmanan yang telah tersedia. SPA pelaksana PRAZA ikut memastikan proses antri berjalan dengan tertib dan lancar. Jamaah dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, terlihat senang dan antusias menikmati makan siang yang disiapkan oleh program PRAZA ini.

Program Prasmanan Munzalan (PRAZA) tidak hanya memberikan makan siang, tetapi juga mempererat ikatan sosial di antara jamaah. Jamaah mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi, berbagi cerita, dan mempererat hubungan satu sama lain. Hal ini penting untuk membangun komunitas yang kuat dan harmonis.

Program ini juga berfungsi sebagai sarana edukasi bagi jamaah, terutama anak-anak. Mereka belajar tentang pentingnya berbagi, gotong-royong, dan kepedulian terhadap sesama. Program ini menginspirasi jamaah untuk lebih aktif dalam kegiatan sosial dan amal, menciptakan budaya kebaikan yang berkelanjutan.

Dukungan dari Program HIQMAT menunjukkan bahwa kolaborasi antarprogram dapat memperkuat pelaksanaan kegiatan amal, sehingga manfaatnya bisa dirasakan lebih luas oleh masyarakat. Kolaborasi ini memperlihatkan bahwa dengan bekerja sama, kita dapat mencapai lebih banyak dan memberikan dampak yang lebih besar.

Dengan menyediakan makan siang gratis, program PRAZA memberikan manfaat langsung berupa makanan bergizi kepada jamaah. Ini sangat membantu terutama bagi mereka yang membutuhkan, memberikan mereka kesempatan untuk menikmati makanan yang layak dan bergizi setelah melaksanakan ibadah.

Dengan adanya program seperti PRAZA, Masjid Kapal Munzalan Indonesia (MKMI) menjadi lebih dari sekadar tempat ibadah. Masjid ini berfungsi sebagai pusat kebersamaan dan kebaikan, di mana setiap orang dapat merasakan manfaat langsung dari kehadirannya di tengah masyarakat. Masjid menjadi tempat yang mendukung perkembangan sosial dan spiritual jamaah.

Program Prasmanan Munzalan (PRAZA) diharapkan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih luas di masa depan. Rencana ke depan termasuk memperluas cakupan program, meningkatkan jumlah dan kualitas hidangan yang disajikan, serta melibatkan lebih banyak komunitas dan donatur dalam kegiatan ini.

Dengan komitmen yang kuat dari seluruh pihak yang terlibat, program ini dapat menjadi contoh bagi masjid dan komunitas lain dalam menggalakkan kegiatan sosial yang bermanfaat. PRAZA diharapkan dapat menjadi simbol kebersamaan, kebaikan, dan kepedulian dalam komunitas, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat.

 

 

Berita Populer