Rumah Sehat Munzalan dibuka dan diresmikan pertama kali oleh Tuan Guru Ustadz Abdul Somad, LC. MA., pada tanggal 7 November 2019. Tepat setelah beliau meresmikan kantor baru Baitul Maal Munzalan Indonesia Pusat, beliau pun bergeser untuk memotong pita dan memanjatkan doa-doa terbaik kepada Allah untuk Rumah Sehat Munzalan dan segela isinya

 

Tahun 2020 pun dimulai untuk Rumah Sehat Munzalan di bulan Januari, Rumah Sehat Munzalan sibuk dengan proses rekrutmen personil dan pematangan program kesehatan. Seluruh personil sepakat program yang akan dipasang pada Rumah Sehat Munzalan adalah pelayanan bekam sunnah, dan kedai Jurus Sehat Rosulullah (JSR). Walau kala itu jumlah orang yang berbekam dan mengikuti program minuman sehat belum banyak, namun tim di dalamnya tetap fokus mengembangkan diri dan memberikan pelayanan terbaiknya. 

 

Bulan Februari 2020, disela-sela kesibukan pelayanan bekam sunnah dan minuman sehat, Rumah Sehat Munzalan mengupgrade diri dengan menambah kekuatan di produksi sabun herbal, dilatih dan dibina langsung oleh Al-Ustadz Sunjana, atau biasa disapa Shifu Odas, beliau salah satu founder sabun herbal di Kota Tangerang. Pelatihan berlangsung selama 4 hari berturut-turut dan menghasilkan 5 orang Santri Pemegang Amanah Rumah Sehat Munzalan yang telah menguasai teknik pembuatan sabun herbal. Sabun yang dapat dibuat oleh tim dari Rumah Sehat Munzalan tersebut antara lain : Hand Sanitizer, Sabun Cuci Baju, Sabun Cuci Piring, Sabun Pel Lantai, Sabun Cuci Tangan, dan Sabun Mandi Batangan. Unit produksi sabun herbal ini pun diberi nama Nazif Corporate, yang kemudian dicita-citakan dapat memiliki banyak cabang dan mendistribusikan sabun ke seluruh daerah di Indonesia. Aamiin yaa Robbal’alamiin..

 

Tak cukup sampai disitu, rumah sehat Munzalan juga kemudian menggelar pelatihan Bekam Sunnah sesuai Standar Operasional Prosedur Perkumpulan Bekam Indonesia (SOP PBI) dan pelatihan terapi Pasca Stroke Mastakaraga di pertengahan bulan Februari tersebut, dilaksanakan di Masjid Munzalan Mubarakan 1 di Jl. Ampera Pontianak, dengan jumlah peserta 20 orang untuk pelatihan Bekam Sunnah, dan 15 orang untuk pelatihan pijat Mastakaraga. Seluruh peserta berasal dari masyarakat umum. Pelatihan tersebut digurui dan dibimbing oleh Al-Ustadz Andi Hasbi Robbi, trainer PBI dari Kota Bogor.

 

Sedikit berbeda ceritanya ketika memasuki Bulan Maret 2020, sesuai dengan kebijakan dari pemerintah untuk melakukan LockDown akibat Pandemi COVID-19, maka Pondok Modern Munzalan Ashabul Yamin pun menerapkan Work From Home kepada seluruh Santri Pemegang Amanah selama kurang lebih 2 pekan. Namun Rumah Sehat Munzalan tetap masuk seperti biasa, dengan memfokuskan pelayanan kesehatan terhadap para SPA yang terindikasi COVID-19 dan mencegah SPA lainnya tertular wabah ini. Oleh sebab itu Rumah Sehat Munzalan membuka nomor hotline darurat, membentuk grup pengawasan kesehatan kepada seluruh SPA dan menyiapkan paket imunitas tubuh kepada seluruh SPA yang berjumlah kurang lebih 300 orang. Paket imunitas tubuh yang terdiri dari Habbatussauda, Madu, dan Hand Sanitizer dibagikan secara gratis kepada seluruh SPA, keluarga dan tetangga sekitar Pondok Munzalan secara gratis dengan harapan Allah meridhoi segala ikhtiar dan harapan